Kakanwil Pagar Butar Butar Sambangi PDAM Pohuwato, Usai Dapat Keluhan Air Bersih Dari WBP Lapas Pohuwato

 

 20240403100628 IMG 7919

Gorontalo - Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, Pagar Butar Butar, dalam kunjungan awalnya ke Lapas Kelas IIB Pohuwato, mendapati keluhan serius dari salah satu warga binaan terkait ketersediaan air bersih. Keluhan tersebut menjadi sorotan utama dalam pertemuan yang berlangsung antara Kakanwil dan para warga binaan saat melakukan kunjungannya di UPT tersebut. 

 

Menyadari urgensi masalah tersebut, Kakanwil langsung bergerak cepat dengan menemui Direktur PDAM Kabupaten Pohuwato pada hari itu juga, Rabu (03/04). 

 

Dalam giat tersebut, Kakanwil didampingi Kadiv Pemasyarakatan, Endang Lintang Hardiman dan Kalapas Pohuwato, Irman Jaya berdiskusi dengan Direktur PDAM Kabupaten Pohuwato untuk mencari solusi terkait keluhan minimnya ketersediaan air bersih di Lapas Pohuwato. 

 

Langkah ini menunjukkan komitmen Kakanwil untuk menanggapi permasalahan yang dihadapi oleh warga binaan dengan serius dan cepat tanggap.

 

Kunjungan ini juga dalam rangka silaturahmi dan perkenalannya sebagai  pimpinan baru kepada stakeholder terkait guna terlaksana sinergitas dan kerjasama yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat. 

 

Dirut PDAM, Ir. Hairudin Usman menyampaikan bahwa pihaknya selalu menindaklanjuti lanjuti setiap keluhan masyarakat khususnya yg ada dalam Lapas, akan tetapi beberapa kendala terkait penyebab lambatnya distribusi air bersih, antara lain:

- Lokasi Lapas Pohuwato berada di dataran tinggi dan distribusi air bersih masih mengandalkan elevasi dan gravitasi;

- Pipa menuju Lapas hanya 2" maka akan segera diganti;

- Adanya aktivitas tambang di sekitar Lapas sehingga seringkali merusak sarana PDAM;

 

Sebagai hasil tindak lanjut dari kunjungan tersebut, Kakanwil berhasil memperoleh komitmen dari pihak PDAM Kabupaten Pohuwato untuk segera mengatasi permasalahan ketersediaan air bersih di Lapas Pohuwato. Langkah-langkah konkret telah disepakati untuk memastikan bahwa kebutuhan dasar seperti air bersih dapat terpenuhi dengan baik di lembaga pemasyarakatan tersebut.

 

Dengan langkah proaktif yang diambil oleh Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, diharapkan permasalahan ketersediaan air bersih di Lapas Pohuwato dapat segera teratasi, serta menunjukkan komitmen pemerintah dalam menyajikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.


Cetak   E-mail