Kunjungi Gorontalo, Dirjen HAM Dhahana Putra Tekankan P2HAM

87f0199d-7e63-461c-88c4-a347177bc0c9.jpg

Gorontalo – Bertempat di aula Lapas Kelas IIA Gorontalo, Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia, Dr. Dhahana Putra memberikan penguatan tugas dan fungsi terkait Pelayanan Publik Berbasis HAM kepada seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Senin (25/03).

Hadir pada kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo yang lama saat ini menjabat Sekretasris Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Heni Susila Wardoyo, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo yang baru sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat, Pagar Butar Butar, Direktur Kerja Sama Harniati, Direktur Instrumen HAM Farid Junaedi, seluruh Kepala Divisi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis, serta jajaran UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

Dalam sambutannya Dhahana mengatakan Pelayanan Publik Berbasis HAM yang selanjutnya disebut P2HAM adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prinsip HAM bagi setiap warga negara dan penduduk atas jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh unit kerja pelaksana pelayanan publik. Dalam kesempatan ini, ia juga menjelaskan pelaksanaan P2HAM diwajibkan kepada seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM dan dapat dilaksanakan oleh unit kerja yang menyelenggarakan pelayanan publik pada kementerian/lembaga serta pemerintah daerah sesuai dengan Permenkumham Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM. Lebih lanjut Dhahana menyampaikan penilaian P2HAM ada 3 kriteria atau indikator yaitu ketersediaan aksebilitas, ketersediaan sarana dan prasana, serta ketersediaan sumber daya manusia atau petugas.

Diakhir sambutannya Dhanana menyampaikan tingkatkan cinta kepada Kementerian Hukum dan HAM karena dengan cinta seluruh jajaran dapat meningkatkan inovasi dalam bekerja.

“Bekerjalah dengan totalitas serta terus berintegritas dalam menjalankan tugas” tutup Dhana dalam sambutannya.

Sebelumnya Kakanwil lama, Heni Susila Wardoyo menyampaikan ucapan selamat datang kepada Direktur Jenderal HAM bersama rombongan dalam kaitan penguatan tugas dan gungsi HAM di Gorontalo.

Dalam kesempatan yang sama, Kakanwil baru, Pagar Butar Butar meminta dukungan untuk pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai pejabat baru di Gorontalo


Cetak   E-mail