Kunjungi Disnakertrans dan Disdukcapil Gorut, Kanwil Kemenkumham Gorontalo Lakukan Koordinasi Terkait Keberadaan Orang Asing

WhatsApp_Image_2022-04-13_at_15.51.45.jpeg

Gorontalo - Lakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait, Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo melalui Bidang Perizinan dan Infokim Divisi Keimigrasian pagi tadi Rabu (13/4) kunjungi Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja dan Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Gorontalo Utara. Koordinasi ini dipimpin Kabid Perizinan dan Infokim Zamroni, didampingi Kasubid Perizinan Ridwan, Kasubid Infokim Didiet Santoso dan pelaksana pada Bidang Perizinan dan Infokim, diterima sekretaris Disnakertrans Kabupaten Gorut, Arpan Opaladu di ruang kerjanya.

Zamroni disela-sela kunjungan menyampaikan bahwa koordinasi yang dilakukan dengan instansi terkait ini dimaksudkan sebagai bentuk sinergitas membangun komunikasi serta mendapatkan informasi terupdate terkait data tenaga kerja asing (TKA) yang berada di Kabupaten Gorut. "Kabupaten Gorontalo Utara merupakan wilayah kerja yang memiliki beberapa perusahaan yang mempekerjakan para tenaga asing, olehnya singkronisasi data dan informasi keberadaan WNA harus benar-benar terupdate, khusus pada bidang ketenagakerjaan", ungkap Zamroni. Menanggapi apa yang disampaikan Kabid Perizinan, Arpan Opaladu menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini data terupdate untuk jumlah TKA sejumlah 52 orang dan rencananya setelah libur lebaran pihaknya akan melakukan pengecekan kembali langsung ke perusahaan.

Selanjutnya tim melanjutkan koordinasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara. Berdasarkan informasi yang diterima melalui Kepala Disdukcapil Sarce Kandou, bahwa terkait dengan keberadaan WNA, data yang ada pada Disdukcapil sampai saat ini terdapat 2 orang WNA yang menikah dengan warga lokal dan sudah mengajukan permohonan kependudukan.
"Koordinasi akan tetap kami bangun dengan pihak imigrasi, terkait dengan keberadaan WNA khususnya pengecekan dokumen administrasi kependudukan", ujar Sarce.

WhatsApp_Image_2022-04-13_at_15.51.44.jpegWhatsApp_Image_2022-04-13_at_15.51.46.jpeg


Cetak   E-mail