Kakanwil Kemenkumham Gorontalo Terima Audiensi Perwakilan Mahasiswa BEM Sulawesi

WhatsApp_Image_2021-11-08_at_17.04.51.jpeg

WhatsApp_Image_2021-11-08_at_17.04.51_1.jpeg

Gorontalo – Senin (8/11), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo Hantor Situmorang menerima audiensi perwakilan BEM Sulawesi, terkait Pergantian Kepala Kantor Imigrasi Klas I TPI Gorontalo.

 

Dalam dialog ini, perwakilan BEM Sulawesi mempertanyakan terkait pergantian Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Gorontalo yang menurut mahasiswa kinerjanya baik dan terbuka dalam hal pemberian informasi publik terkait tusi imigrasi di wilayah Gorontalo, serta program Kakanim yang banyak membantu masyarakat Gorontalo khususnya dalam hal keimigrasian.

 

Selain itu mahasiswa juga mempertanyakan serta meminta pertimbangan Kakanwil terkait Kepala Kantor Imigrasi yang baru yakni Joni Rumagit yang menggantikan Muhamad Irham Anwar, dimana menurut informasi yang dihimpun oleh mahasiswa, Joni Rumagit memiliki rekam jejak digital negatif saat menjabat sebagai Kakanim Kotamobagu.

 

Didampingi Plh Kepala Divisi Keimigrasian, Zamroni serta Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian James Smart J. Sembel, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo memberikan pengertian terhadap mahasiswa yang hadir, Kakanwil menjelaskan bahwa kepindahan Kepala Kantor Imigrasi merupakan bagian dari pola rotasi dari Kementerian dan sudah melalui proses Assesment serta Baperjakat di Kementerian Hukum dan HAM, dimana hal itu sudah diluar dari wewenang Kepala Kantor Wilayah.

 

Sedangkan terkait rekam jejak oleh Kepala Kantor Imigrasi yang baru, Kakanwil menjelaskan bahwa perkara tersebut telah diproses dalam ranah Hukum dan Kode etik Kepegawaian, serta proses tersebut sudah dilalui dan selesai.

 

Sebagai penutup dialog, Kakanwil Kemenkumham Gorontalo mempersilahkan perwakilan mahasiswa BEM Sulawesi untuk mengevaluasi kinerja Kepala Kantor Imigrasi yang baru jika nanti telah dilantik dan menjabat, serta menjalankan tugas di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo.


Cetak   E-mail