KAKANWIL MEMBUKA SECARA RESMI RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN RENCANA PROGRAM KEGIATAN DAN ANGGARAN TAHUN 2021 JAJARAN DIVISI KEIMIGRASIAN

Gorontalo-Senin (27/07) Dalam rangka meningkatkan optimalisasi dan efektifitas dalam penggunaan anggaran negara di jajaran Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo. Divisi Keimigrasian menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Program Kegiatan dan Anggaran Tahun 2021.
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Budi Sarwono) bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, turut hadir juga Kepala Divisi Keimigrasian (Jaya Saputra), Kepala Divisi Administrasi (Dwi Harnanto) Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo (Muhamad Irham Anwar) Kepala Sub Bagian Keuangan dan BMN (Chandra. F. Achmad) Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan (Mananga P.M. Biantong).
Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari :
1. 10 (sepuluh) orang peserta dari Divisi Keimigrasian ;
2. 6 (enam) orang dari Divisi Administrasi ;
3. 9 (sembilan) orang dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo
Dengan jumlah total peserta 25 (dua puluh lima) orang.

"Penyusunan Rencana Program Kegiatan merupakan proses untuk menyusun anggaran sebagai indikasi awal kebutuhan anggaran untuk membiayai pelaksanaan kegiatan dan target kinerja yang akan dicapai di tahun yang akan datang".

WhatsApp Image 2020 07 27 at 10.25.21

"Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam fase penyusunan anggaran kali ini terlebih dalam menghadapi penyebaran pandemi virus Covid-19 yang kita tahu bersama membawa banyak dampak dan perubahan dalam berbagai sektor dan lini kehidupan masyarakat, termasuk pada kinerja Kementerian Hukum Dan HAM secara luas".

" Kementerian Hukum dan HAM dalam melakukan persiapan perencanaan penganggaran 2021 tetap berpedoman pada rencana strategis untuk pengalokasian anggaran yang menjadi prioritas satuan kerja dengan mempertimbangkan dasar penyerapan tahun sebelumnya serta pelaksanaan Tusi dalam tatanan normal baru dengan menggunakan teknologi informasi".

"Pada Pagu Indikatif ini, Anggaran Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum di tahun 2020 sebesar Rp. 1.453.674.000,- (Satu Milyar Empat Ratus Lima Puluh Tiga Juta Enam Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Rupiah) sedangkan tahun 2021 Rp 1.512.850.000,- (Satu Milyar Lima Ratus Dua Belas Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) sedangkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo Tahun 2020 Rp. 6.407.754.000,- (Enam Milyar Empat Ratus Tujuh Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Empat Ribu Rupiah) sedangkan Tahun 2021 Rp.6.920.862.000 (Enam Milyar Sembilan Ratus Dua Puluh Juta Delapan Ratus Enam Puluh Dua Ribu Rupiah), baik Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi sama-sama mengalami kenaikan yang cukup signifikan, walaupun pada kenyataannya untuk Tahun Anggaran 2020 terdapat pemotongan anggaran sebesar 40 % (empat puluh persen) dari pagu awal yang merupakan dampak dari tidak tercapainya target PNBP akibat Pandemi COVID-19.
Namun demikian, saya berpesan agar anggaran yang ada untuk dilaksanakan secara PASTI yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif".

"Dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama yang baik dari seluruh operator, pengampu masing-masing program baik di kantor wilayah dan unit pelaksana teknis dalam mendukung kegiatan penyusunan program kegiatan dan anggaran dan kepada para pejabat struktural yang telah bersinergi dalam mensukseskan kegiatan ini".

"Saya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama agar terwujudnya perencanaan kegiatan dan anggaran yang berkualitas, efektif dan efisien". Ucap Kakanwil diakhir sambutannya.

Adapun yang menjadi Narasumber pada kegiatan Rapat Koordinasi yakni Kepala Divisi Administrasi dan Kepala Sub Bagian Keuangan dan BMN serta Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan sebagai moderator.

Pembukaan tersebut di akhiri dengan Foto bersama.

WhatsApp Image 2020 07 27 at 10.25.211


Cetak   E-mail