Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

WhatsApp Image 2019 08 13 at 13.32.33

Gorontalo - Selasa (13/8), Kepala Bidang HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo Yopy W. Sumaraw memimpin kegiatan Rapat Presentasi Laporan Hasil Kajian HAM. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham ini mengangkat Topik Profil Narapidana Kasus Narkotika di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, dengan studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan.

Kegiatan ini dihadiri Oleh Kepala Sub. Bidang Pemajuan HAM Sarton Dali, Kepala Sub. Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Yuniar Kurniawaty, JFU Bidang HAM, serta Instansi Terkait diantaranya Kejaksaan, BNN, Bagian Hukum, dan Lembaga Pemasyarakatan di Wilayah Provinsi Gorontalo.

Bertindak sebagai Narasumber kali ini Rahmat Santoso Gobel dari Akademisi, dalam pemaparan materinya Rahmat menyampaikan Pada akhir tahun 2018 jumlah narapidana kasus narkotika pada akhir tahun 2018 mencapai 115.289 (95% dari total narapidana khusus yang ada di Indonesia). Angka ini jauh lebih tinggi dari jumlah narapidana kasus korupsi (5.110), illegal loging (890), terorisme (441), maupun pencucian uang (165), hal inilah yang menjadi latar belakang diangkatnya topik ini. Beliau juga menyampaikan 85,32% Narapidana kasus narkotika yang ada berjenis kelamin laki-laki, dan 42,21% berada di usia produktif yaitu diantara 16 - 30 tahun. Dan Faktor Penyebab alasan utama menggunakan Narkotika yaitu ajakan dari kawan.

Diakhir acara ditandai dengan foto bersama antara Panitita Pelaksana, Narasumber dan Peserta. (Humas Kanwil Gorontalo)