Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

WhatsApp Image 2019 08 08 at 14.09.262

Dalam rangka pembinaan wadah yang berfungsi menghimpun warga masyarakat yang ada di Desa Bintana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo melalui tenaga penyuluh hukum melaksanakan kegiatan pembinaan kadarkum dengan tujuan Mewujudkan kesadaran dan ketaatan hukum setiap individu dalam masyarakat di Desa Bintana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara yang lebih baik sehingga diharapkan setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam mewujudkan budaya taat hukum dengan bersikap serta perilaku sadar, patuh, dan taat terhadap peraturan perundang-undangan serta menghormati hak asasi manusia.
Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kelurahan Tanjung Kramat ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta, yang merupakan anggota kelompok kadarkum dan aparatur Desa Bintama yang di mulai pada pukul 11.00 Wita, diawali dengan sambutan bapak Kades Bintana, dilanjutkan dengan sambutan bapak Camat Atinggola. Dalam sambutannya, bapak Kades dan pak Camat menyampaikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi kepada Kanwil Kemenkumham Gorontalo yang telah memilih Desa Bintana sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Pembinaan Kadarkum. Pak Kades dan pak Camat juga berharap agar kelompok Kadarkum yang dibina ini akan dapat mengikuti Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Gorontalo mewakili Kabupaten Gorontalo Utara pada tahun ini.
Pada sesi materi, penyampaian materi Pembinaan Kadarkum disampaikan oleh JFT Penyuluh Hukum Madya, bapak Ruly Agus, SH., MH. Materi yang disampaikan berupa materi hukum secara umum, kemudian Tusi Kementerian Hukum dan HAM RI., pentingnya pelaksanaan penyuluhan hukum, dan pembinaan Kadarkum. Khusus untuk materi Lomba Kadarkum, pemateri menjelaskan apa itu Lomba Kadarkum, mekanisme dan teknis penilaiannya, serta syarat dan tata cara keikutsertaannya.

WhatsApp Image 2019 08 08 at 16.15.58
Mengingat Kelompok Kadarkum Desa Bintana sedang dipersiapkan untuk menjadi peserta Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Gorontalo mewakili Kabupaten Gorut pada tahun ini, pemateri juga menyampaikan trik dan tips dalam mengikuti lomba. Selain itu juga diadakan uji coba tanya–jawab soal materi Lomba Kadarkum.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Babinsa TNI dan Babinkamtibmas Polri Desa Bintana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Pada akhir kegiatan diadakan foto bersama narasumber dengan peserta dan undangan. Kegiatan berakhir tepat pukul 13.00 wita.