Kanwil Gorontalo Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-74 Tahun 2019

Pancasila 1

Gorontalo – Sabtu (1/6), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-74 Tahun 2019 di Halaman Depan Kantor Wilayah. Upacara diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Kantor Wilayah serta Unit Pelaksana Teknis di antaranya Kantor Imigrasi Gorontalo, Lapas Gorontalo, Lapas Perempuan Gorontalo, LPKA Gorontalo, Bapas Gorontalo serta Rupbasan Gorontalo. Adapun UPT yang berada di wilayah terjauh yaitu Lapas Boalemo dan Lapas Pohuwato melaksanakan Upacara di tempatnya masing-masing. Selain itu upacara turut diikuti oleh beberapa pejabat dan pegawai yang bertugas di Unit Kerja Pusat dan Wilayah di luar Gorontalo yang melaksanakan mudik. Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo Dwi Harnanto  bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Bidang HAM Yopie Sumarauw bertugas sebagai Perwira Upacara serta Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM Ramlan Harun bertugas sebagai Pemimpin Upacara. Upacara dimulai lebih awal tepatnya pada pukul 7.00 pagi WITA karena menyesuaikan dengan kondisi petugas dan peserta upacara yang sedang melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

 

“Pada pagi hari ini, Sabtu 1 Juni 2019  kita patut panjatkan puji   syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,   karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila. Pancasila mampu   menyatukan  kita  semua  sebagai  satu  bangsa  dan  hidup dalam  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia”, kata Kepala Divisi Administrasi ketika membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. “Sesuai   dengan    pesan   Presiden   Jokowi    bahwa memperingati    dan merayakan   hari kelahiran   Pancasila setiap  tanggal   1 Juni merupakan   suatu  keniscayaan.   Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai  fundamental  bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa  Nusantara  yang  beragam  dapat  bersatu  dan  menyatu   sebagai  satu bangsa. Sebagai bangsa besar kita tidak akan  meninggalkan sejarah, apa yang  oleh  Bung  Karno  pernah  disebut "JAS MERAH".  Untuk  menghormati jasa   pendiri   bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap    ideologi negara  itulah  kita  memperingati    hari  kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional  (national pride)”, tambahnya.

 

“Melalui peringatan hari  kelahiran Pancasila 1 Juni  2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi  "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan   bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila  sebagai  dasar  negara,   ideologi  Negara dan  pandangan   dunia  yang  dapat   membawa   kemajuan   dan  kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu    membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan    kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam   kemakmuran dan makmur dalam keadilan.  Kita Indonesia,  Kita Pancasila. Menutup sambutan ini, saya atas nama Pimpinan mengucapkan selamat menjalani liburan dan Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah, Taqobbalallahu Minnaa Wa Minkum”, tutupnya. (Humas Kanwil Gorontalo)

Pancasila 2Pancasila 2Pancasila 2Pancasila 2


Cetak   E-mail