Penyuluhan Hukum tentang Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila

Penyuluhan Pancasila 3

Menindaklanjuti Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor : SEK.UM.03.01-146 Tanggal 26 Mei 2017 Hal : Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 dan Pekan Pancasila di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, para Penyuluh Hukum melaksanakan  Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dalam bentuk Penyuluhan Hukum di Lembaga Pemasyarakatan dan Sekolah-Sekolah.

 

Penyuluhan Hukum pertama dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Gorontalo pada tanggal 1 Juni 2017, tepat setelah pelaksanaan upacara. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo, Agus Subandriyo  membuka kegiatan dengan menyampaikan pesan-pesan serta membacakan puisi tentang nilai-nilai Pancasila. Selanjutnya para penyuluh yang dikoordinir langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Siti Cholistyaningsih bersama Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Ramlan Harun, memberikan penyuluhan tentang penerapan Nilai-Nilai Pancasila kepada para WBP Lapas Gorontalo dan LPP Gorontalo. Tim Penyuluh terdiri dari Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum dan Bantuan Hukum, Muhammad Zaki Faizal, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Ruly Agus (Pemateri Inti), Ira Pakaya, Martvina Sapii dan Ahmad Kilo.

 

Penyuluhan diikuti oleh 30 WBP dari Lapas Kelas II A Gorontalo dan 30 WBP dari LPP Kelas III Gorontalo. Antusiasme dari WBP yang mengikuti penyuluhan dapat dilihat dengan banyaknya pertanyaan kritis yang dilontarkan. Tetapi Tim Penyuluh dengan sigapnya menjawab setiap pertanyaan serta menghidupkan suasana meskipun dalam keadaan berpuasa dan diselingi lagu kebangsaan yang dibawakan oleh paduan suara WBP LPP Gorontalo. Penyuluhan Hukum selanjutnya dilaksanakan di dua sekolah di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango tepatnya SMK Negeri 1 Suwawa dan SMP Negeri 2 Suwawa pada tanggal 3 Juni 2017 dan diikuti oleh 30 Siswa di masing-masing sekolah. (Humas Kanwil Gorontalo)

Penyuluhan Pancasila 4Penyuluhan Pancasila 4

Penyuluhan Pancasila 1Penyuluhan Pancasila 1


Cetak   E-mail