Kanwil Gorontalo Memperingati Hari Lahir Pancasila ke-72 Tahun 2017

Upacara Pancasila 3

Gorontalo – Kamis (1/6), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo, Agus Subandriyo bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72 Tahun 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Gorontalo. Dimulai tepat pukul 8.00 pagi WITA, upacara diikuti oleh Kepala Divisi Administrasi, Ngadiono Basuki, Kepala Divisi Imigrasi, Soenaryono, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Siti Cholistyaningsih, Pejabat Eselon III dan IV, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), perwakilan pegawai dari UPT di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo serta perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Gorontalo dan LPP Kelas III Gorontalo. Setelah pengibaran bendera, dibacakan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan bahwa 1 juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan merupakan hari libur nasional. 

 

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan. Oleh karena itu saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila”, kata Kepala Kantor Wilayah ketika membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

 

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila”, tutupnya. Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang Festival Lagu Kebangsaan Warga Binaan Pemasyarakatan dan foto bersama. (Humas Kanwil Gorontalo)

Upacara Pancasila 2Upacara Pancasila 2Upacara Pancasila 2


Cetak   E-mail