"Meneladani Nabi Ibrahim 'Alaihissalam", Majelis Ta'lim Uswatun Hasanah Kanwil Gorontalo Gelar Pembinaan Kerohanian Jelang Idul Adha 1443 H

WhatsApp_Image_2022-07-08_at_16.35.56.jpeg

Gorontalo - (8/7), Majelis Ta'lim Uswatun Hasanah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo melaksanakan kegiatan pembinaan kerohanian jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Dengan tema "Meneladani Nabi Ibrahim 'Alaihissalam", kegiatan ini menghadirkan ustadz Hamdi Maspeke selaku penceramah dan dibuka oleh Kepala Bagian Umum, Candra Friandi Achmad. Bertempat di Mushola Al-Ikhlas Kantor Wilayah Gorontalo, kegiatan ini diikuti oleh pejabat dan ASN Muslim di Kantor Wilayah dan Bapas Gorontalo dan sebelumnya dilaksanakan sholat Ashar berjama'ah.

Penceramah menyampaikan keutamaan 10 hari diawal bulan Dzulhijjah dan mengajak kepada para jama'ah untuk memperbanyak amalan dan doa didalamnya. Selanjutnya penceramah menyampaikan beberapa pelajaran penting dan berharga yang dapat dipetik dari keteladanan Nabi Ibrahim 'Alaihissalam, diantaranya:

1. Nabi Ibrâhîm Alaihissallam adalah hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul yang amat taat kepada-Nya, sehingga Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikannya sebagai hamba yang sangat disayangi.

2. Pilar utama upaya tazkiyyatun-nufûs adalah dalam hal tauhid. Dan berdakwah menyeru kepada tauhid merupakan amanat yang dipikul para nabi, dan sekaligus menjadi panutan bagi setiap dai.

3. Kesabaran dalam mendakwahkan tauhid dan ketabahan dalam menghadapi ujian di jalan itu, harus dilakukan sesuai dengan cara yang dicontohkan oleh para rasul Alaihissallam.

4. Yakin terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mengarungi kehidupan.

5. Perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan hal terpenting di atas segalanya. Ketulusan hati dalam melaksanakan segala perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah kebahagiaan. Maka selayaknya kita berupaya secara maksimal untuk melaksanakannya diiringi doa memohon taufik serta kemudahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

6. Segala contoh kebaikan telah ada pada diri para Rasul Alaihissallam yang harus selalu menjadi suri tauladan bagi kita dalam setiap hal. Wallahul Musta`ân

WhatsApp_Image_2022-07-08_at_16.37.07.jpegWhatsApp_Image_2022-07-08_at_16.37.08.jpeg

Cetak