Kanwil Kemenkumham Gorontalo Ikuti Secara Virtual Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

WhatsApp_Image_2022-06-01_at_09.42.39.jpeg

Gorontalo – Rabu (1/6), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Heni Susila Wardoyo didampingi para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas mengikuti secara virtual upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2022.

 

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dipusatkan di Ende, Nusa Tenggara Timur, dan merupakan kali pertama pelaksanaannya di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

 

Mengenakan pakaian adat Ende, yakni Ragi Lambu-Lika Lesu lengkap dengan perpaduan warna merah dan hitam, presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara, dalam amanatnya menyampaikan bahwa di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila.

WhatsApp_Image_2022-06-01_at_09.24.24.jpeg

“Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, ucap presiden Joko Widodo.

 

Adapun komandan upacara kali ini yakni Kol. Inf. Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana.

 

Bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan pembaca naskah UUD 1945 yaitu Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick serta doa ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

 

Setelah mengikuti upacara, Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah hadir mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, hal ini menunjukkan komitmen seluruh jajaran akan kecintaan dan semangat dalam membangun bangsa dan negara, khususnya dalam pembangunan Hukum dan HAM.

WhatsApp_Image_2022-06-01_at_09.42.39_1.jpegWhatsApp_Image_2022-06-01_at_09.42.38.jpeg

 

Cetak