Jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo Ikuti Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_13.54.39.jpeg

Gorontalo – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, Heni Susila Wardoyo yang didampingi para pimpinan tinggi, serta para kepala UPT dan para pejabat di jajaran Pemasyarakatan, mengikuti secara virtual upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58 Tahun 2022.

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_13.54.36.jpeg

Bertemakan “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju”, upacara ini dipusatkan di Graha Pengayoman, dengan inspektur upacara Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_13.56.04.jpeg

Dalam amanatnya Menteri Hukum dan HAM menyampaikan bahwa tahun ini pemasyarakatan memasuki usia 58 tahun, dimana ini merupakan suatu angka yang menunjukkan tingkat kematangan organisasi. “Diusia ini pemasyarakatan harus lebih CERMAT, yaitu Cerdas membuat strategi, Evaluasi setiap kondisi dan kejadian, Rasional dalam pengambilan kebijakan, Mitigasi resiko, Akuntabel dan berintegritas, serta Transparan dan aspiratif melayani”.

Yasonna juga menambahkan pemasyarakatan sebagai bagian dari “criminal justice system” diharapkan mampu menjadi muara akhir dari penanganan pelaku kejahatan, mulai dari perlindungan HAM-nya sampai dengan pengelolaan barang sitaannya.

“Tidak hanya itu, ditengah kondisi pandemi yang mulai berangsur membaik, pemasyarakatan harus mampu membina dan mendidik pelaku kejahatan, menjadi tenaga yang cekatan, terampil, dan profesional bekerja sesuai keahliannya melalui kegiatan kemandirian, antara lain bengkel kerja”, ungkap Yasonna.

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_13.56.07_1.jpeg

Pada momentum yang baik ini, Yasonna juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pimpinan Kementerian/Lembaga, Kapolri, Panglima TNI, Pimpinan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota serta seluruh stakeholder pemasyarakatan, atas sinergitas dan kolaborasi kinerja dalam mewujudkan ketertiban, keamanan, dan menjaga stabilitas nasional serta mendukung pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional.

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_13.56.07.jpeg

“Pemasyarakatan PASTI BerAKHLAK mewujudkan Indonesia maju, harus sama-sama kita wujudkan melalui karya nyata sehingga mampu menjawab tantangan dan menyelesaikan persoalan pemasyarakatan secara paripurna”, tutup Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Cetak