Kemenkumham Gorontalo Kolaborasikan Penyusunan Data Laporan Keuangan Semester II 2022 dan Penyusunan SKP 2023

WhatsApp Image 2023 01 11 at 10.47.10 3

Gorontalo – (11/01) Bertempat di Aula Pengayoman, KantorWilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo melaksanakan kegiatan penyusunan dan pemutakhiran data laporan keuangan semester II tahun 2022 dan penyusunan SKP tahun 2023.

 

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kakanwil, Heni Susila Wardoyo, para Kepala Divisi, Kepala UPT dan para pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

 

Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari pejabat dan operator pengelola kepegawaian dan keuangan Kanwil dan UPT.

WhatsApp Image 2023 01 11 at 10.47.10 3

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi realisasi anggaran tahun 2022 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo dan mempelajari tata cara penyusunan SKP 2023.

 

Kegiatan dibuka oleh Kakanwil, Heni Susila Wardoyo mengawali sambutannya mengapresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengelola keuangan atas sumbangsihnya dalam hal pengelolaan keuangan.

 

Untuk jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo sendiri realisasi anggaran tahun 2022 sebesar 98,47% dan rata-rata Nilai IKPA bulan Desember 2022 sebesar 98,15%.

 

Selain itu, Heni juga mengapresiasi keberhasilan Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo yang mendapatkan dua penghargaan ditingkat provinsi yaitu Satker Terbaik Kedua Kategori Satker Vertikal Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Kategori Pagu Besar dan Terbaik Kedua Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPAW) serta Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pohuwato Terbaik Kedua sebagai Satker Vertikal Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kategori Pagu Sedang pada Treasury Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Kanwil Perbendaharaan Gorontalo.

WhatsApp Image 2023 01 11 at 10.47.10 3

"Dalam kehidupan kita butuh penghargaan, tetapi dengan penghargaan kita tidak boleh tinggi hati, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran sehingga kita bisa meraih berbagai prestasi" ujar Heni.

 

Heni juga berpesan dalam penyusunan laporan keuangan selain menyajikan laporan yang cepat, seimbang dan akuntabel, dibutuhkan juga pengungkapan seluruh komponen-komponen yang ada dalam laporan tersebut, selain kesesuain neraca keuangan dan barang milik negara, pagu belanja, realisasi serta target pendapatan setiap tahunnya.

 

Lebih lanjut Heni menekankan kepada pejabat pelaksana anggaran untuk berhati-hati dalam pengelolaan anggaran, diminta untuk mematuhi disbursement plan yang telah disusun.

 

"Seluruh jajaran pejabat yang dipercayakan sebagai KPA/PPK agar berkomitmen melaksanakan pengelolaan anggaran dengan baik, saya minta jaga kepercayaan yang diberikan, hindari kepentingan pribadi dalam pengelolaan anggaran", tegas Heni.

 

Mengakhiri sambutan, Heni mengucapkan selamat melaksanakan tugas dalam melakukan penyusunan laporan keuangan tingkat wilayah semester II tahun 2022 serta penyusunan SKP tahun 2023.

 

Heni juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pendamping pejabat pengelola keuangan, teristimewa seluruh peserta, serta panitia, atas terselenggaranya acara ini dengan baik.

WhatsApp Image 2023 01 11 at 10.47.10 3


Cetak   E-mail