Kemenkumham Gorontalo Kembali Ukir Prestasi Tingkat Nasional Bidang Kekayaan Intelektual

WhatsApp_Image_2022-10-31_at_15.43.17.jpeg

WhatsApp_Image_2022-10-31_at_15.44.20.jpeg

Bali – Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual hari ini melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Program Penegakan dan Pelayanan Hukum bidang KI, bertempat di Hotel Anvaya Beach Resort Bali, (31/10).

 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo turut hadir dalam kegiatan ini, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hadiyanto serta para pejabat pengemban fungsi Pelayanan Hukum.

 

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, sekaligus melaunching aplikasi dan program unggulan Kekayaan Intelektual Tahun 2023.

 

Yasonna menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya potensi sumber daya alam dan manusia. Itu menjadi tantangan tersendiri untuk merangkul para pemilik produk lokal agar diberikan pemahaman akan pentingnya perlindungan dan pemanfaatan KI yang telah dihasilkan.

 

"Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM harus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di wilayah, serta berperan aktif untuk mendorong pembangunan sistem kekayaan intelektual di seluruh Indonesia”, ujar Yasonna.

 

Lebih lanjut Yasonna mengatakan bahwa Kemenkumham harus mampu memberikan nilai tambah ekonomi dan pendapatan bagi penghasil KI, yang berimbas pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

 

Setelah sambutan, Yasonna menyerahkan piagam penghargaan kepada Kanwil Kemenkumham yang berprestasi dibidang pengelolaan program Kekayaan Intelektual di daerah.

 

Kanwil Kemenkumham Gorontalo sendiri mendapatkan penghargaan berupa Terbaik Ketiga Kategori Penghargaan Kinerja Anggaran di Bidang KI Tahun 2022 dan Terbaik Kelima Kategori Penghargaan Jumlah Permohonan Kekayaan Intelektual Komunal Tervalidasi Tahun 2022.

 

Heni Susila Wardoyo usai menerima penghargaan menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Kanwil Gorontalo.

 

“Ini mejadi momentum yang sangat baik untuk jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo untuk terus mengembangkan kreasi dan meningkatkan kinerja, sehingga [restasi seperti ini akan terus diperoleh, bahkan lebih meningkat dari yang diterima hari ini”, ujar Heni.

 

“Saya minta prestasi ini tidak cukup hanya KI saja yang diperoleh, dan tidak dipungkiri pada beberapa sebelumnya juga Kanwil Gorontalo telah menerima penghargaan seperti penghargaan dibidang AHU dan Imigrasi”, lanjut Heni.

 

Lebih lanjut Heni meminta agar seluruh jajaran baik Kanwil maupun UPT untuk terus meningkatkan kinerja untuk prestasi yang lebih baik, sehingga Kanwil Kemenkumham Gorontalo dapat bersaing dengan Kanwil lain di Indonesia.

 

Untuk penghargaan dibidang kekayaan intelektual sendiri, Heni menyampaikan akan berkomitmen untuk memaksimalkan tugas dan fungsi Kantor Wilayah dalam memberikan pelayanan KI khususnya di provinsi Gorontalo.

 

Saat ini Kanwil Kemenkumham Gorontalo dibawah kepemimpinan Heni Susila Wardoyo telah gencar mensosialisasikan dan membimbing pelaku UMKM untuk melindungi produknya dengan melakukan pendaftaran Kekayaan Intelektual.

 

Selain untuk melindungi produk UMKM, melalui Heni Susila Wardoyo terus mendorong UMKM agar mendaftarkan usahanya menjadi badan hukum.

 

Hal ini dilakukan agar para pelaku usaha termotivasi untuk terus berinovasi dan berkreasi dengan memberikan kontribusi untuk Indonesia dalam program pemulihan ekonomi nasional.


Cetak   E-mail