Heni Susila Wardoyo Buka Pembinaan Satgas Kamtib Pemasyarakatan se Gorontalo

WhatsApp_Image_2022-10-18_at_14.59.35.jpg

Gorontalo - (18/10) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo melalui Divisi Pemasyarakatan hari ini menggelar Pembinaan Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban melalui Lomba Ketangkasan Petugas Pemasyarakatan se Gorontalo.

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo, diawali upacara pembukaan dengan pembina upacara Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo.

Dalam sambutannya, Heni Susila Wardoyo menyampaikan bahwa keamanan dan ketertiban yang kondusif di dalam Lembaga Pemasyarakatan merupakan syarat utama untuk mendukung terwujudnya keberhasilan pelaksanaan sistem pemasyarakatan, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban.

Peran petugas pengamanan pada Lapas sangat penting, karena merupakan bagian penting dari pencegahan, penindakan, penanggulangan dan pemulihan gangguan keamanan.

Lebih lanjut Heni Susila Wardoyo menyampaikan bahwa dalam membentuk petugas pengamanan yang memiliki kompetensi, dedikasi dan integritas diperlukan pembinaan satuan tugas keamanan dan ketertiban dasar yang dilakukan secara terus menerus.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan bersama jajaran yang telah menggelar kegiatan pembinaan satuan tugas keamanan dan ketertiban hari ini", ujar Heni Susila Wardoyo.

"Kegiatan hari ini membuktikan kesungguhan jajaran pemasyarakatan Gorontalo untuk melakukan deteksi dini gangguan kamtib, tentu ini dilakukan secara berkala dan terus menerus untuk pembiasaan seluruh jajaran petugas pengamanan", lanjut Heni Susila Wardoyo.

Diharapkan dengan kegiatan uji ketangkasan petugas pemasyarakatan ini, jajaran pemasyarakatan mampu mengetahui dan memahami kesiapsiagaan dalam penanganan mitigasi risiko terkait high risk, WBP sakit, pengawalan, pengamanan dan penggeledahan serta peningkatakan kompetensi petugas pengamanan yang mampu melakukan pengamanan sesuai SOP yang berlaku.

"Kembali saya ingatkan kepada rekan-rekan semua tentang tugas utama jajaran pemasyarakatan yakni deteksi dini gangguan Kamtib, Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di dalam Lapas, serta sinergitas dengan seluruh aparat penegak hukum, ini sangat penting sekali untuk di pahami dan dilaksanakan dengan baik di lapangan", tutup Heni Susila Wardoyo.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemusnahan barang hasil penggeledahan dari Lapas/LPKA se wilayah Gorontalo kurun waktu tahun 2022 dan Lomba Ketangkasan Petugas Pemasyarakatan.

Hadir pada kegiatan ini para Kepala Divisi, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Pejabat Administrator dan Pengawas jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo, serta aparat penegak hukum dan perwakilan instansi terkait

WhatsApp_Image_2022-10-18_at_14.59.36.jpgWhatsApp_Image_2022-10-18_at_14.59.351.jpg

 

WhatsApp_Image_2022-10-18_at_14.59.362.jpg

 


Cetak   E-mail