Tingkatkan Pelayanan Publik, Ditjen AHU Gelar Bimtek Legalisasi Apostille

WhatsApp Image 2022 09 28 at 14.47.42

Gorontalo - (28/09) Bertempat di Aston Bogor Hotel & Resort, Jawa Barat, pengemban fungsi layanan AHU Kanwil Kemenkumham Gorontalo pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melalui Subbidang Pelayanan AHU mengikuti kegiatan bimbingan teknis aplikasi AHU Online dalam layanan legalisasi apostille yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

 

Kegiatan dibuka oleh Plh. Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Santun Maspari Siregar, dihadiri seluruh Pimti Pratama Ditjen AHU, Inspektur Wilayah III Kemenkumham, perwakilan Kemendagri, perwakilan Kemendikbudristek dan seluruh perwakilan Kantor Wilayah Kemenkumham.

 

Dalam sambutanya, Plh, Dirjen AHU menyampaikan bahwa konvensi apostille ini sebagai langkah strategis yang bertujuan untuk menyederhanakan rantai proses legalisasi terhadap dokumen publik dengan menghapus persyaratan legalisasi diplomatik dan konsuler negara tujuan menjadi satu tahap yaitu melalui penerbitan sertifikat apostille.

 

Dengan adanya kebijakan layanan legalisasi apostille ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang melakukan layanan dokumen publik antar negara menjadi lebih cepat dan efisien. Layanan apostille ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan legalisasi dokumen untuk kebutuhan aktivitas di luar negeri.

 

Aplikasi layanan legalisasi apostille merupakan salah satu program unggulan Ditjen AHU untuk kemudian dapat diselenggarakan oleh seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham di Indonesia.

 

Aplikasi tersebut mendukung layanan legalisasi maupun apostille untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen-dokumen yang akan dipakai di negara tujuan.

 

Diharapkan melalui kegiatan ini, peserta agar mengikuti seluruh rangkaian dengan baik, terutama pemahaman layanan legalisasi apostille dan teknis penggunaan aplikasi yang tepat serta dokumen-dokumen yang akan dilegalisasikan.

WhatsApp Image 2022 09 28 at 14.47.40 1

WhatsApp Image 2022 09 28 at 14.47.40 1

WhatsApp Image 2022 09 28 at 14.47.40

 


Cetak   E-mail