“POSBINDU” Cara Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular di Kemenkumham Gorontalo

WhatsApp_Image_2022-08-10_at_15.09.42.jpeg

Gorontalo – Guna deteksi dini penyakit tidak menular di jajaran pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango bersama Puskesmas Kabila menggelar Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) Institusi bertempat di selasar Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Rabu (10/08).

Kegiatan ini merupakan program Kementerian Kesehatan RI dengan sasaran masyarakat usia 15 sampai dengan 59 tahun.
Adapun tujuan Pos Binaan Terpadu ini untuk melakukan deteksi dini dalam rangka pengecahan penyakit tidak menular di masyarakat. Pemeriksaan atau skrinning dilakukan pada pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, penglihatan/mata dan psikologi/jiwa.
Untuk tahun ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango merencanakan akan melakukan kegiatan serupa di 35 lokasi instansi tersebar di 13 Puskesmas se Bone Bolango termasuk Kanwil Kemenkumham Gorontalo dengan sasaran 1.000 orang pasien.

Ketua Tim Posbindu Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango dr. Rahayu Tulen ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan Pos Binaan Terpadu Institusi merupakan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) di institusi atau tempat kerja. Hal ini sebagai wujud dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan pelayanan langsung ke masyarakat sehingga terjamin kesehatannya.
“Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango bekerjasama dengan Puskesmas Kabila melakukan pelayanan Posbindu di Kanwil Kemenkumham Gorontalo. Ini merupakan program dari Kemenkes yang ditujukan kepada masyarakat sehingga kesehatannya dapat terjamin”, ujar dr. Rahayu Tulen.
“Posbindu ini bertujuan untuk mendeteksi dini faktor risiko PTM dan pencegahannya sehingga menciptakan tenaga kerja sehat dan produktif,” lanjut dr. Rahayu Tulen.
Menurutnya, faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) rata-rata diakibatkan kesadaran masyarakat yang masih rendah tentang penerapan pola hidup bersih dan sehat.
“Diantaranya diakibatkan kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiper kolesterol dan lain-lain,” tutur dr. Rahayu Tulen.
Sementara, untuk dampak yang ditimbulkan akibat kebiasaan yang tidak sehat tersebut dapat memicu penyakit tidak menular (PTM).

Ditempat terpisah, Kepala Bagian Umum Candrafriandi Achmad menyampaikan ucapan terima kasih dari pimpinan Kanwil Kemenkumham Gorontalo kepada Tim Posbindu Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango yang telah membuka layanan kesehatan gratis di Kanwil Gorontalo. Harapannya dengan kegiatan ini seluruh pegawai dengan kesadaran sendiri memeriksakan kesehatannya, sehingga dapat diketahui tingkat Kesehatan masing-masing individu.

WhatsApp_Image_2022-08-10_at_15.06.38.jpegWhatsApp_Image_2022-08-10_at_15.06.37.jpegWhatsApp_Image_2022-08-10_at_15.06.37_1.jpeg

 


Cetak   E-mail