SPIP, SPIP New dan SPIP Terintegrasi Menjadi Pokok Bahasan Penguatan Kepada UPT Jajaran Kemenkumham Gorontalo

WhatsApp Image 2022 08 04 at 2.56.27 PM 1

Gorontalo – Untuk mengevaluasi pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada semester I dan upaya mengoptimalkan SPIP, Kanwil Kemenkumham Gorontalo melaksanakan kegiatan Penguatan SPIP, SPIP New dan SPIP Terintegrasi kepada UPT di jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Kamis (04/08).

 

Kepala Bagian Program dan Humas, Hot Mulian Silitonga hadir pada kegiatan ini, didampingi Kepala Subbagian Program dan Pelaporan Mananga P.M. Biantong, Kepala Subbagian Humas, RB dan TI Raman Helingo dan pelaksana pada Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

WhatsApp Image 2022 08 04 at 2.55.22 PM

Adapun peserta kegiatan ini yaitu para pejabat dan operator SPIP seluruh UPT di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

 

Kegiatan ini dibuka Kepala Bagian Program dan Humas Hot Mulian Silitonga, dalam arahannya menyampaikan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) itu sendiri dapat diartikan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

 

Hot Mulian Silitonga berharap dengan kegiatan penguatan SPIP kepada UPT di jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo, akan memberikan pemahaman terkait SPIP, SPIP New dan SPIP Terintegrasi, sehingga seluruh UPT dapat melengkapi dokumen SPIP yang akan dilaporkan ke Sekretariat Jenderal dan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

WhatsApp Image 2022 08 04 at 2.56.27 PM

Adapun pemateri pertama, Retno Dwi Utami memberikan materi membahas SPIP Terintegrasi, Framework Penilaian Penyelenggaran SPIP Terintegrasi dan Karakteristik Level Maturitas SPIP.

 

Sedangkan pemateri kedua, Raran Halubangga memberikan materi Pembaruan dalam Penilaian Struktur dan Proses (Unsur Subunsur SPIP).

 

Pemateri ketiga, Irvan Arifin dengan materi membahas Parameter Penilaian Terintegrasi, Kolaborasi K/L/D dan BPKP dalam Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Nilai Dalam Maturitas Penyelenggaraan SPIP. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

WhatsApp Image 2022 08 04 at 2.56.27 PM 2


Cetak   E-mail