Bidang HAM Laksanakan Koordinasi Terkait Penilaian Kab/Kota Peduli HAM pada SETDA Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara

WhatsApp_Image_2022-07-15_at_13.18.52.jpeg

Gorontalo - Peduli HAM adalah upaya Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan peran dan tanggungjawab dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM. Untuk mewujudkan hal tersebut Jumat, (15/07), Kanwil Kemenkumham Gorontalo melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melaksanakan Koordinasi Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM pada SETDA Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara serta memastikan bahwa data dukung untuk Penilaian KKP HAM Tahun 2023 sudah bisa dilengkapi dari sekarang.

 

Disambut oleh Kepala Bagian Hukum SETDA Kab. Gorontalo, Jesse A. Kojongkam, dalam kunjungan tersebut Bintang Napitupulu yang didampingi oleh JFT Penyuluh Hukum, Ira Pakaya, dan JFU Bidang HAM menyampaikan maksud kunjungan ini yaitu untuk melaksanakan penilaian Kab/Kota Peduli HAM dan memastikan bahwa Pemda Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara telah menyiapkan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan.

 

“Kami tim Pemajuan HAM Kanwil Kemenkumham Gorontalo sudah menginput semua Daduk Tahun 2022, namun untuk Tahun ini penilaian KKP HAM dilaksanakan oleh Unit Eselon I, Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia.”

 

Jesse menyampaikan bahwa data dukung sudah dikirim dan siap menunggu hasil pengumuman KKP HAM dan berharap semoga Kab. Gorontalo berhasil mendapatkan predikat Kab/Kota Peduli HAM Tahun 2022 dan siap untuk melengkapi data dukung Tahun 2023.

 

Ditempat terpisah, Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Wisje Nancy Tute, didampingi JFU Bidang HAM, mengunjungi Setda Kab. Gorut yang diterima oleh Kepala Bagian Hukum, Yolanda Giola.

 

Dalam kunjungannya Wisje menyampaikan kedatangan tim Pemajuan HAM ini guna memastikan bahwa Pemda Kabupaten Gorontalo Utara bisa mulai menyiapkan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan penilaian KKP HAM Tahun 2023.

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan hari ini diharapkan penialaian Tahun 2022 bisa mencapai 100%, artinya seluruh Kab/Kota di Provinsi Gorontalo memenuhi kriteria peduli HAM dan berhasil meraih Kab/Kota Peduli HAM serta pelaksanaan Penilaian KKP HAM Tahun 2023 dapat berjalan dengan baik.


Cetak   E-mail