Koordinasi Terkait Penyelidikan Intelijen Keimigrasian, Divisi Keimigrasian Kunjungi Kesbangpol Dan Dinas Dukcapil Gorontalo Utara

Gorontalo - Selasa (7/6) Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo melaksanakan Koordinasi pihak-pihak terkait Penyelidikan Intelijen Keimigrasian pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gorontalo Utara pada senin 6 Juni 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Zamroni, Kasubid Intelijen Keimigrasian, Djanson Hutagalung, Kasubid Penindakan Keimigrasian, Junaidi H. Said, dan jajaran JFU Bidang Inteldakim.

Pada kesempatan tersebut Tim diterima oleh Sekretaris Kantor, Syafrudin J. Borong, S. H., M. AP. Dalam pertemuan yang berlangsung di ruangan kerja Kepala Badan, tim menanyakan perihal informasi terkait keberadaan dan Aktifitas WNA di Daerah Gorontalo Utara pada pihak Kesbangpol.

Menanggapi hal tersebut, pihak Kesbangpol melalui Sekretaris Badan menyampaikan bahwa saat ini aktifitas WNA di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara berada di pekerjaan proyek PLTU Tanjung Karang yg berasal dari China.

Selain itu, saat ini Obyek Wisata Pulau Saronde saat ini dikelola oleh pihak ke 3 yakni PT. Blue Bay Divers yg dimiliki oleh Investor Asing asal Jerman bernama Anke Andree. Pihak PT. Blue Bay Divers melakukan MOU dengan Pemda Gorontalo Utara pada tahun 2022 setelah sebelum nya pulau Saronde dikelola oleh PT. Gorontalo Alam Bahari.

Sebagai tambahan informasi, pada Tanggal 09 Juni - 10 Juni 2022 Pemda Kabupaten Gorontalo Utara mengadakan kegiatan Festival Saronde 2022 yg direncanakan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Kegiatan tersebut menampilkan pameran hasil produk daerah serta pemilihan putra dan putri saronde 2022. Mengingat kegiatan ini termasuk juga dalam kalender event nasional pastinya akan mengundang minat dan kedatangan wisatawan lokal maupun asing. Namun terkendala data wisatawan asing yg berkunjung tidak tercatat oleh pemerintah daerah setempat.

Setelah mendapat informasi tersebut tim pamit undur diri, serta pihak Kesbangpol berharap koordinasi seperti ini dapat senantiasa dilakukan untuk lebih meningkatkan komunikasi serta sinergitas antara pihak Imigrasi dan Kesbangpol dalam Pengawasan Orang Asing kedepannya.

Selanjutnya pada hari ini, Tim yang dipimpin langsung oleh Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Zamroni menuju Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melaksanakan koordinasi terkait Penyelidikan intelijen Keimigrasian.

WhatsApp_Image_2022-06-07_at_14.02.34.jpegWhatsApp_Image_2022-06-07_at_14.02.33_1.jpegWhatsApp_Image_2022-06-07_at_14.02.33.jpeg


Cetak   E-mail