Divisi Keimigrasian Laksanakan Koordinasi Terkait Bidang Inteldakim di SDKP Kwandang

 WhatsApp_Image_2022-04-14_at_16.14.32_1.jpeg

Gorontalo - (14/4) Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo melalui Bidang Inteldakim, melakukan koordinasi diwilayah kabupaten Gorontalo Utara. Kali ini tim mengunjungi Kantor Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kwandang.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala Bidang Inteldakim, James Smart. J Sembel, Kasubid Intelijen Keimigrasian, Djanson Hutagalung, Kasubid Penindakan Keimigrasian, Junaidi H. Said, dan JFU Bidang Inteldakim. Tim diterima oleh, Candra Masuara selaku perwakilan Kantor Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kwandang, dikarenakan kepala kantor sedang melaksanakan tugas di luar daerah.

Dalam kesempatan ini tim menanyakan perihal adanya kapal nelayan berbendera asing maupun nelayan asing yang beraktifitas di wilayah kerja pangkalan pengawas SDKP Kwandang. Menanggapi hal tersebut pihak SDKP Kwandang melalui Candra menjelaskan bahwa wilayah kerja pengawas SDKP Kwandang meliputi pantai utara wilayah Bolaang Mongondow sampai dengan Toli-toli. Pangkalan Pengawasan SDKP Kwandang adalah cabang dari pangkalan pengawasan SDKP Bitung, yang merupakan koordinator dari seluruh cabang SDKP seluruh Sulawesi. Pihak SDKP menyampaikan bahwa sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan data maupun menemukan pelanggaran terkait nelayan asing maupun kapal nelayan berbendera asing yang beraktifitas di wilayah kerjanya.

Pihak SDKP menambahkan sebenarnya wilayah pantai utara Sulawesi kaya akan sumber daya alam berupa ikan yg dimiliki dan sangat memungkinkan untuk adanya aktifitas dari nelayan asing. Namun kendala yg dialami oleh pengawas SDKP Kwandang dalam pelaksanaan tugasnya yaitu kapal patroli yg dimiliki menggunakan speed boat tipe 6 yg merupakan kapal kecil dan memiliki daya jelajah yg pendek, kemudian keterbatasan personil yg dimiliki SDKP Kwandang serta kondisi cuaca di pantai utara Sulawesi yg tidak menentu menambah kurang efektif nya pengawasan yg dilakukan oleh pihak SDKP Kwandang terhadap nelayan yg beraktifitas di wilayah kerjanya..

WhatsApp_Image_2022-04-14_at_16.14.32.jpeg


Cetak   E-mail