Bidang Hukum Laksanakan Pembinaan Desa/Kelompok/Keluarga Sadar Hukum

Gorontalo – (22/3) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melaksanakan pembinaan desa/kelompok/keluarga sadar hukum (KADARKUM) di Desa Suka Maju Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Wonosari Mat Rohim. Dalam sambutannya Mat Rohim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM khususnya tenaga penyuluh hukum atas dilaksanakannya kegiatan pembinaan kelompok keluarga sadar hukum ini.

"Saya atas nama pemerintah kecamatan Wonosari mengucapkan terima kasih kepada kantor wilayah kementerian hukum dan ham untuk kegiatan ini. Saya berharap dengan kegiatan ini pemahaman hukum dimasyarakat khususnya masyarakat desa Suka Maju lebih memahami hukum sehingga dengan pemahaman hukum yang baik akan menimbulkan kepekaan dimasyarakat terhadap hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari", ucap Mat Rohim.

Selanjutnya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Hukum, Rustam Sakka menyampaikan tentang pentingnya kegiatan pembinaan desa/keluarga sadar hukum ini.
"Dengan adanya pembinaan ini, kami harapkan kelompok keluarga sadar hukum yang sudah ada di desa Suka Maju bisa lebih baik perannya", ucap Kabid Hukum.

Selain itu Rustam Sakka juga menyampaikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM juga ada program bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin dan juga konsultasi hukum gratis.
Bantuan hukum gratis ini diberikan kepada masyarakat yang benar-benar miskin dan tidak mampu tanpa dipungut biaya apapun mulai dari penyidikan sampai tahap peninjauan kembali. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Mohamad Zaki Faisal selaku penyuluh hukum muda dan Martvina Sapii selaku penyuluh hukum pertama dilanjutkan dengan simulasi lomba desa/kelompok/keluarga sadar hukum yang diikuti oleh peserta dengan antusias.

WhatsApp_Image_2022-03-22_at_13.58.04_2.jpegWhatsApp_Image_2022-03-22_at_13.58.04.jpegWhatsApp_Image_2022-03-22_at_13.58.03.jpeg


Cetak   E-mail