Berantas Buta Huruf Al-Qur'an, Kakanwil Mewisuda Iqra' Dua Puluh Enam ADP LPKA Gorontalo

WhatsApp_Image_2022-03-21_at_14.21.54.jpeg

Gorontalo – Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo hari ini menyelenggarakan wisuda iqra’ kepada 26 Anak Didik Pemasyarakatan (ADP), Senin (21/3). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Gorontalo berkesempatan menyaksikan sekaligus mewisuda langsung para ADP. Kegiatan ini adalah bentuk nyata kerja keras dari LPKA beserta Kementerian Agama (Kemenag) provinsi Gorontalo, Kemenag Kota Gorontalo, beserta seluruh stakeholder dalam melaksanakan pembinaan kepada ADP agar mampu baca tulis Iqra’ dan Alquran.

Selain wisuda, pada acara ini juga berlangsung penandatanganan kerjasama antara Ka. LPKA bersama SMPN 7 Kota Gorontalo, Kemenag Kota Gorontalo dan Lipu’u Pustaka Gorontalo dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pembinaan pada LPKA Kelas II Gorontalo. Kegiatan ini dilaksanakan di aula LPKA dan dihadiri oleh Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, Kemenag Provinsi Gorontalo, Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Gorontalo, Kemenag Kota Gorontalo dan Lipu’u Pustaka Gorontalo.

Lantunan ayat suci Al-Quran oleh ADP mengawali seluruh rangkaian kegiatan ini. Para tamu undangan yang hadir nampak kagum dan larut dalam lantunan ayat suci Al-Quran yang dibawakan salah satu ADP LPKA. Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Sulila Wardoyo merasa bangga dan mengapresiasi kepada 26 ADP yang saat ini telah diwisuda. “saya mengapresiasi seluruh yang hadir dan telibat pada kesempatan ini, tidak hanya Ka. LPKA dan stakeholder yang telah bekerja keras, juga kepada orang tua yang telah mempercayakan anaknya kepada kita sebagai pengganti orang tua” tutur Heni. Heni menambahkan bahwa setiap orang tidak akan bisa terlepas dari kesalahan, namun sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah mereka yang mau bertobat dan memperbaiki diri. “Saya yakin pembinaan ADP dengan menggunakan metode pendekatan agama akan jauh lebih efektif untuk merubah karakter menjadi lebih baik” tutup Heni.

Kepala LPKA, Kurnia Panji Pamekas juga menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga atas capaian ADP dalam mempelajarai Iqra dan Al-Quran. Panji juga menyampaikan apresiasi kepada Kemenag Provinsi dan Kota Gorontalo yang telah mengikhlaskan waktunya untuk membimbing ADP dengan penuh sabar dan telaten. “Kami sebagai Kepala LPKA Kelas II Gorontalo yang tidak lain sebagai orang tua dari Anak Didik Pemasyarakatan yang hari ini di wisuda Iqra hanya bisa mengucapkan ribuan terimakasih, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan imbalan rejeki yang melimpah kepada bapak ibu penyuluh Kemenag baik Provinsi maupun Kota Gorontalo” tutur Panji.

Kemenag Kota Gorontalo yang diwakili Kasubbag Tata Usaha, Ishak Husain juga dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Gorontalo Bersama Kepala LPKA Gorontalo, dimana menurut Ishak bahwa apa yang dilaksanakan di LPKA juga merupakan program kerja dari Kemenag untuk memberantas buta huruf Al-Quran. “Kemenag Kota Gorontalo mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang sangat membantu dan responsif untuk melaksanakan pendidikan baca tulis Al-Quran di LPKA Gorontalo” tutur Ishak. Kemenag Kota Gorontalo sendiri berharap agar ADP ini menjadi menjadi penerus dalam membantu tenaga penyuluh agama dalam membumikan Al-Quran diserambi Madinah yang sama-sama kita cintai ini.

Pada giat ini juga Kakanwil Kemenkumham mengalungkan medali kepada seluruh ADP sebagai tanda telah diwisuda serta menyaksikan langsung penandatanganan kerja sama antara LPKA dengan instansi terkait untuk kualitas pelayanan pembinaan pada LPKA Kelas II Gorontalo.

 _Humas Kumham Gorontalo_

WhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.20.58.jpegWhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.20.59.jpegWhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.21.00.jpegWhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.21.02.jpegWhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.21.03.jpegWhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.21.03_1.jpegWhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.21.04.jpeg


Cetak   E-mail