Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Gorontalo Gelar Sosialiasi Terkait Tata Kelola Pengelolaan Arsip Dinamis

Gorontalo – (17/03) Dalam rangka pencapaian target kinerja tahun 2022 dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Divisi Administrasi melalui Bagian Umum, Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga melakukan sosialisasi terkait tata kelola naskah dinas dan tata kelola pengelolaan arsip dinamis secara daring via zoom.

Bertempat di ruang rapat kepala kantor wilayah, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Administrasi, Burhazir Zamda bersama Kepala Bagian Umum, Candra F. Achmad, Kepala Subbagian Kepegawaian, TU, dan RT, Imran Kaharu dan pelaksana pada Subbagian Kepegawaian, TU dan RT serta secara virtual dihadiri oleh pejabat/pegawai pada unit pelaksana teknis dilingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

Pada awaln kegiatan, Kabagum menjelaskan bahwa sosialisasi terkait dengan pengelolaan arsip ini merupakan target kinerja yang dilaksanakan secara berkelanjutan telah dimulai dari tahun 2021, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengelola arsip dalam hal penanganan arsip sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya penguatan disampaikan oleh Kadivmin, salah satu materi yang dibahas adalah mengenai klasifikasi arsip berdasarkan Permenkumham RI Nomor 5 Tahun 2022, klasifikasi arsip adalah pola pengaturan arsip secara berjenjang dari hasil pelaksanaan tugas dan fungsi instansi menjadi beberapa kategori unit informasi kearsipan.

“Para pemangku arsiparis dimasing-masing subbidang harus mengetahui apa itu arsip statis dan arsip dinamis dan juga arsip aktif dan inaktif sehingga nantinya, apabila arsip sudah memasuki masa retensi dapat diberikan rekomendasi tentang pemusnahan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)” ungkap Kadivmin.

Kadivmin juga menyadari bahwa kegiatan pengarsipan ini walaupun hanya dengan satu orang pegawai fungsional arsiparis di Kanwil Kemenkumham Gorontalo, namun demikian tetap optimis bahwa jajaran tata usaha tetap mampu untuk menyelesaikan target kinerja tentang pengelolaan arsip dinamis di tahun 2022 ini.

WhatsApp_Image_2022-03-17_at_15.44.23.jpegWhatsApp_Image_2022-03-17_at_15.44.51.jpeg


Cetak   E-mail