PELUNCURAN PUSTAKA HAM INDONESIA DALAM RANGKA MENYAMBUT PERINGATAN HARI HAM SEDUNIA KE-73, KANWIL GORONTALO MENGIKUTI SECARA VIRTUAL

WhatsApp Image 2021 12 06 at 13.23.06

“EQUALITY : REDUCING INEQULITIES, ADVANCING HUMAN RIGHTS” PEMAJUAN HAM DI INDONESIA TAHUN 2021”

Jelang Hari HAM Se-dunia ke-73, Direktorat Jenderal HAM menggelar peluncuran Pustaka HAM Indonesia, Senin (6/12). Peluncuran Pustaka HAM ini digelar di lobi Gedung HAM dan disiarkan secara live melalui kanal youtube Direktorat Jenderal HAM.

“Tujuan Direktorat Jenderal HAM melakukan pembangunan Pustaka HAM Indonesia Digital ini yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik, guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, dan informasi para pemustaka di seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi, dalam sambutannya.

Berbeda dari perpustakaan lainnya, sambung Mualimin, Pustaka HAM Indonesia akan menyediakan bahan pustaka khusus terkait dengan HAM. Diproyeksikan perpustakaan khusus HAM ini akan menjadi yang perdana di tanah air. “Karena itu, tepat kiranya kita nyatakan bahwa Pustaka HAM Indonesia ini merupakan sebuah ikon tersendiri,” tutur Mualimin.

Peluncuran Pustaka HAM Indonesia Digital ini dipandang merupakan tonggak sejarah berdirinya Layanan Publik Pustaka HAM Indonesia Digital di tanah air. “Kita harapkan Pustaka HAM Indonesia Digital ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh semua pihak,”ujar Mualimin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Informasi HAM Erfan menjelaskan pembangunan Pustaka HAM Indonesia ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan masyarakat untuk mencari bahan terkait HAM yang dapat diakses dengan mudah. “Terdapat dua layanan pada Pustaka HAM ini yaitu offline yang dapat bapak/ibu dapat kunjungi di Gedung HAM, dan secara online yang dapat diakses melalui website Pustaka.ham.go.id maupun aplikasi Pustaka HAM di google play,” kata Erfan.

Dalam pelaksanaan Pustaka HAM Indonesai digital, Direktorat Jenderal HAM bekerjasama dengan Aksara Maya. Aksara Maya memang dikenal sebagai platform digital yang telah memberikan layanan buku-buku digital bagi instansi-instansi di pemerintah maupun nonpemerintah.

 Acara yang digelar secara hybrid ini turut diikuti oleh sejumlah kanwil maupun UPT KemenkumHAM se-indonesia. Tampak hadir secara langsung di lobi Gedung HAM adalah sejumlah pimti pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan staf di lingkungan Direktorat Jenderal HAM. Turut juga hadir dalam kesempatan ini, adalah Direktur Utama Aksara Maya, Sulasmo.

Terakhir, Direktur Jenderal HAM mengungkapkan pada tahun ini komunitas internasional telah memilih “EQUALITY : Reducing Inequlities, Advancing Human Rights” sebagai tema hari HAM se-dunia ke-73. KemenkumHAM berencana akan memeriahkan hari HAM se-dunia yang jatuh setiap tanggal 10 Desember. Puncak perayaan hari HAM di tanah air akan digelar di Graha pengayoman pada Jumat 10 Desember 2021. Selain itu, KemenkumHAM juga turut menggelar sejumlah rangkaian kegiatan hingga hari puncak peringatan pada jumat 10 Desember 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Hantor Situmorang didampingi Kepala Divisi Administrasi, Dwi Harnanto beserta Pejabat Administrator dan Pengawas turut mengikuti kegiatan ini dengan mengambil tempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah. Setelah kegiatan peluncuran Pustaka HAM Indonesia, acara dilanjutkan dengan Pertemuan Media/Media Gathering Hari HAM Ke-73.

WhatsApp Image 2021 12 06 at 13.23.04

WhatsApp Image 2021 12 06 at 16.20.46 1

 


Cetak   E-mail