Sekilas Cerita Kunjungan Kepala Balitbang Hukum dan HAM Bersama Staf Ahli Menkumham Bidang Politik dan Keamanan di Bumi Hulondalo

 PicsArt 09 15 01.35.13

Gorontalo – Kamis Siang (10/9), Langit biru cerah dan teriknya sinar matahari seakan menyampaikan salam ketika tamu istimewa, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Sri Puguh Budi Utami) dan Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Y. Ambeg Paramarta), menjejakkan kaki di Bandar Udara Jalaluddin Gorontalo. Diawali dengan pengalungan bunga oleh Nou dan Uti yang mengenakan pakaian adat Gorontalo, Tim penyambutan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo (Budi Sarwono) didampingi istri (Nurhasmah) dan para Kepala Divisi beserta para Kepala Unit Pelaksana Teknis dan jajarannya. Tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk memberikan Penguatan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo. Sesuai jadwal yang telah disusun secara efektif, rangkaian kegiatan dari Kepala Balitbang Kumham dan Staf Ahli akan berlangsung selama 3 hari (10-12 September 2020) dan diawali dengan jamuan makan siang bersama yang dilanjutkan dengan Video Conference “Diskusi Publik tentang Nilai PASTI Sebagai Nilai Organisasi Pembelajaran” di Ruang VIP Bandara Jalaluddin Gorontalo. Sejam berselang, tamu beserta rombongan panitia bertolak menuju Kabupaten Boalemo untuk menikmati keindahan suasana senja di Pulo Cinta Resort. Perjalanan darat yang memakan waktu kurang lebih dua jam serta penyeberangan laut selama 45 menit terbayarkan dengan pemandangan matahari terbenam di tempat wisata yang dijuluki “Maldives van Gorontalo”. Ketika hari mulai beranjak malam, rombongan bergerak menuju Mangrove Eco Resort di Kabupaten Pohuwato untuk makan malam dan beristirahat melepas penat.

Jum’at (11/9) merupakan hari pelaksanaan agenda utama yang cukup padat, yang diawali dengan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Boalemo dimana Kepala Balitbang Hukum dan HAM bersama Staf Ahli meninjau fasilitas layanan kunjungan serta memberikan pesan-pesan penyemangat kepada para petugas pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan. Setelahnya, tamu dan rombongan singgah sejenak untuk Sholat Jum’at dan makan siang bersama sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota Gorontalo menuju Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo untuk memberikan Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Agenda utama di Kantor Wilayah makin terasa istimewa karena dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo (Idris Rahim) yang turut menyampaikan ucapan selamat datang serta membuktikan eratnya jalinan kerjasama antara Kementerian Hukum dan HAM dengan pemerintah daerah. Meski disambut oleh hujan deras, banyak pesan penting tersampaikan dalam agenda yang berlangsung selama tiga jam di Aula Kantor Wilayah. Suasana dingin di malam hari setelah turun hujan menjadi hangat dan meriah dalam jamuan makan malam dan hiburan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo setelah penguatan Zona Integritas di Kantor Wilayah selesai.

Keesokan harinya (Sabtu, 12/9), tepat pukul 6 pagi, Kepala Balitbang Hukum dan HAM bersama Staf Ahli menikmati udara pagi dan keheningan jalan Gorontalo dengan bersepeda bersama tim Gowes Pengayoman sembari mengunjungi beberapa Unit Pelaksana Teknis yang berada di Kota Gorontalo. UPT yang dikunjungi adalah Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo, Balai Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo. Titik terakhir yang dikunjungi adalah Center Point Kabupaten Bone Bolango sebelum bertolak menuju Bandara Jalaluddin Gorontalo. Pada beberapa kesempatan dalam rangkaian kunjungan ini, Kepala Balitbang Kumham menyempatkan diri untuk mendengarkan serta turut menyanyikan lagu ciptaannya “Senandung Rindu” yang dibawakan oleh petugas dan WBP di beberapa UPT seperti Lapas Boalemo dan LPKA Gorontalo. (Humas Kumham Gorontalo)

 


Cetak   E-mail