Kakanwil Pimpin Evaluasi dan Penilaian Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal

WhatsApp_Image_2020-06-03_at_17.20.55.jpeg

Kakanwil Pimpin Evaluasi dan Penilaian Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal

 

Gorontalo – Rabu (3/6), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo mengikuti kegiatan Evaluasi dan Penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI melalui aplikasi Zoom.

 

Tim Penilai Internal yang berjumlah 4 orang ini terdiri dari Ketua Tim Hari Purwanto, Pengendali Tehnis Setiawati, Anggota Tim Pendy Prasetyo dan I Made Wedha Satria.

 

Kegiatan evaluasi dan penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal ini diikuti oleh seluruh tim pembangunan zona integritas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Kepala Kantor Wilayah Budi Sarwono sebagai Penanggung Jawab, Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto sebagai Ketua Pembangunan ZI yang juga sebagai Ketua Bidang Penguatan Akuntabilitas, Kepala Divisi Pemasyarakatan R. B. Danang Yudiawan sebagai Ketua Bidang Penguatan Pengawasan, Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra sebagai Ketua Bidang Penataan Tata Laksana, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Syarifuddin sebagai Ketua Bidang Peningkata Kualitas Pelayanan Publik, Kepala Bagian Program dan Kehumasan Rustam Sakka sebagai Ketua Bidang Manajemen Perubahan, Kepala Bagian Umum sebagai Ketua Bidang Penataan Sistem Manajemen SDM, serta seluruh anggota Tim bidang Area Perubahan.

Kegiatan diawali dengan penampilan Yel-Yel WBK/WBBM yang begitu solid dan penuh semangat, kemudian penayangan video singkat Paparan WBK/WBBK Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, dan dilanjutkan dengan paparan pelaksanaan 6 area perubahan oleh Kepala Kantor Wilayah Budi Sarwono.

 

Saat sesi tanya jawab yang berlangsung begitu interaktif, Kepala Kantor Wilayah beserta Ketua maupun anggota masing-masing Area Perubahan menyampaikan Inovasi –inovasi terkait masing-masing Area Perubahan, diantaranya Pelayanan Publik dari sisi Hak Asasi Manusia, dari Yankomas disamping telah membentuk Pos Pengaduan HAM di tingkat Kanwil, tetapi telah dilaksanakan juga di UPT PAS dan Imigrasi, dan dilakukan fast respons dari Bidang Yankum terkait pelaporan tersebut, selain itu dalam bidang Penataan Tata Laksana yaitu Antrian Paspor Online (APOA) yang merupakan Inovasi runut dari Eselon I untuk Divisi Keimigrasian dengan melakukan pengendalian pengawasan kepada Orang Asing berdasarkan Kartu Kendali dalam melakukan Controlling terhadap Izin Tinggal. Juga Kantor Wilayah memiliki nomor khusus terkait Layanan Pengaduan Masyarakat.

 

Selain itu juga Kantor Wilayah telah melaksanakan beberapa kegiatan dialog Interkatif dengan Radio Lokal, RRI, TVRI, dan Stasiun TV Lokal. Dalam hal ini Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal mengapresiasi terobosan Inovasi yang telah dilakukan. Kegiatan berlangsung lancar dan Kondusif.


Cetak   E-mail