Bidang HAM Gelar Rapat Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data Kab./Kota Peduli HAM

Rapat HAM

Gorontalo, Kamis (19/03/2020), bertempat di ruang Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Bidang Hak Asasi Manusia melaksanakan Kegiatan Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia. Adapun yang menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala Divisi Administrasi (Dwi Harnanto) dan sebagai Moderator Kepala Sub bagian Pemajuan HAM (Sarton Dali).

 

Dalam materinya, Narasumber menguraikan indikator Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM yang meliputi 7 Indikator yaitu :
1.    Hak Kesehatan;
2.    Hak Pendidikan;
3.    Hak perempuan dan anak;
4.    Hak Kependudukan;
5.    Hak Pekerjaan;
6.    Hak Perumahan yang layak; dan
7.    Hak Lingkungan yang berkelanjutan.
Selain itu diuraikan juga tentang koreksi aritmatik masing-masing isian kuisioner pada 7 Indikator tersebut. Adapun Hal-hal yang dievaluasi adalah tentang kendala dan hambatan dalam penyampaian data Kabupaten/ Kota . Peserta pada kegiatan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari Biro Hukum Provinsi Gorontalo, Bagian Hukum Kabupaten/Kota se- Provinsi Gorontalo dan Bappeda Kabupaten/ Kota.

 

Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari seluruh peserta yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan serta sharing pendapat tentang kegiatan kabupaten/kota peduli hak asasi manusia. Setelah kegiatan evaluasi dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis praktis  tentang tata cara penginputan dan penghitungan nilai pada masing-masing indikator Kabupaten/ Kota Peduli HAk Asasi Manusia. Kegiatan ini diakhiri dengan Foto Bersama.

Cetak