Kanwil Gorontalo Gelar Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2018

Deklarasi Janji Kinerja 1

Deklarasi Janji Kinerja 5 2

Gorontalo – Senin (8/1), Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia kembali melaksanakan Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2018 dan dilaksanakan secara serentak oleh Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis di Seluruh Indonesia. Hal ini merupakan wujud tekad dan semangat yang tinggi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik di Tahun 2018.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo melaksanakan Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2018 di Halaman Depan Kantor Wilayah Gorontalo dan dimulai tepat pukul 8 pagi Waktu Indonesia Tengah. Apel diikuti oleh para Kepala Divisi, Pejabat Administrator, Pengawas, dan pegawai Kantor Wilayah serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis bersama pejabat dan pegawai dari UPT terdekat diantaranya Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Gorontalo, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Gorontalo dan Balai Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo.

“Sebagaimana kita ketahui, hasil evaluasi Ombudsman RI tahun 2017 kemarin, Layanan Publik Kemenkumham sudah berada dalam “zona hijau” yang artinya kualitas layanannya sudah cukup bagus. Tetapi kita tidak boleh berhenti sampai di situ, kualitas tersebut harus kita jaga dan kita tingkatkan menjadi lebih baik lagi. Tahun 2018, Ombudsman RI akan kembali mengevaluasi layanan publik dengan fokus utama pada layanan pemasyarakatan dan imigrasi. Tolong agar dipersiapkan dengan baik, hilangkan budaya-budaya yang tidak mendukung performa layanan publik, antara lain pungutan liar. Fokus pada pelaksanaan tugas fungsi dengan memperhatikan output, outcome, dan impact yang dihasilkan. Perlu saudara ingat, bahwa APBN yang diamanahkan kepada kita adalah untuk kesejahteraan rakyat, bukan kesejahteraan kita. Sehingga, manfaatkan APBN dengan secermat mungkin untuk aktivitas yang berdampak langsung kepada rakyat, kata Kepala Divisi Keimigrasian, Barlian, selaku Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo ketika membacakan Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly.

“Saya mengutip sebuah kalimat untuk memotivasi kita bersama yaitu ”Tak Perlu Kesangsian Terhadap Kita Dijawab dengan Kata-kata, Jawablah dengan Kinerja dan Karya yang Nyata.” Artinya adalah kesangsian dari publik karena kinerja kita di masa lampau harus kita jadikan penyemangat untuk maju, yaitu dengan cara menjawabnya melalui kinerja nyata. Selamat merajut karya, mengukir prestasi, membuat terobosan, dan menghadirkan pembaharuan di tahun 2018. Semoga tahun 2018 ini adalah tahun prestise dan prestasi bagi Kementerian Hukum dan HAM. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara, khususnya Kementerian Hukum dan HAM. Aamiin”, tutupnya.

Diliput oleh Media Lokal, Apel Deklarasi Janji Kinerja ini dirangkaikan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2018 oleh para Kepala Divisi dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis bersama pejabat dibawahnya. Apel diakhiri dengan foto bersama oleh seluruh peserta Apel Deklarasi Kinerja Tahun 2018. Di tempat lain, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Gorontalo bersama Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Boalemo turut melaksanakan Apel Deklarasi Kinerja.

Adapun isi Deklarasi Janji Kinerja Kementerian Hukum dan HAM RI :

Kami Pegawai Kementerian Hukum dan HAM berjanji untuk :

  1. Menerapkan kode etik dan kode perilaku pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari;

  2. Bekerja dan berkinerja secara Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, dan Inovatif (PASTI);

  3. Memaksimalkan pemanfaatan e-GOV melalui tatakelola pemerintahan efektif efisien untuk good governance;

  4. Melayani publik dengan sepenuh hati dan SIAP mewujudkan WBK/WBBM;

  5. Menjaga stabilitas politik dan keamanan Negara Kesatuan RI serta menjadi perekat Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

 (Humas Kanwil Gorontalo)

Deklarasi Janji Kinerja 2Deklarasi Janji Kinerja 2Deklarasi Janji Kinerja 2Deklarasi Janji Kinerja 2

Deklarasi Janji Kinerja 7Deklarasi Janji Kinerja 7Deklarasi Janji Kinerja 7Deklarasi Janji Kinerja 7


Cetak   E-mail