2 UPT di Kanwil Kemenkumham Gorontalo serta Pemerintah Kabupaten Bone Bolango Dapatkan Penghargaan Pada Peringatan Hari HAM Sedunia ke-70

 1.peng1

 

11/12/2018. "Sinergi Kerja Peduli Hak Asasi Manusia". Itulah tema dari Peringatan Hari HAM Sedunia ke-70 Tahun 2018. Acara yang berlangsung di Gedung Kementerian Hukum dan HAM RI, Kuningan Jakarta Selatan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla dan para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur dan Walikota/Bupati se-Indonesia, Pimpinan Tinggi Madya Kemenkumham RI, Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kota/Kabupaten se-Indonesia, dan para Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM se-Indonesia serta Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham di setiap Provinsi, serta para pimpinan Mitra Kerja Kemenkumham, serta para tamu undangan khusus lainnya. Khusus untuk Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo di hadiri langsung oleh Kakanwil Agus Subandriyo, Kadivyankumham Nur Ichwan, Kabid HAM Yopy W.Sumarauw dan Ka LPP Gorontalo Nur Afiril Utami.

  

Menkumham RI, Yasonna H. Laoly, dalam laporannya menyebutkan bahwa pada kesempatan acara kali ini akan diserahkan penghargaan bagi Kabupaten ataupun Kota Peduli HAM dimana Pemda Kab/Kota tlh mendorong upaya pemenuhan hak-hak dasar manusia dan berperan dalam perlindungan, pemenuhan, penghormatan, dan pemajuan HAM. Sementara itu dlm sambutannya Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla, menyampaikan sejarah Hari HAM ; "Dunia sepakat menjaga hak-hak dasar tanpa diskriminasi Namun, sampai saat ini masih sj terjadi pelanggaran HAM di dunia. Indonesia mempunyai peranan yang sangat besar. Secara aturan konstitusi Indonesia, pada Pasal 28 UUD 1945 telah diatur bahwa setiap warga negara harus menjaga HAM.

  

Dari sudut keberhasilan Kab/kota peduli Ham tahun 2018, sebanyak 514 kabupaten/kota telah berpartisipasi dengan baik dalam memenuhui hak dasar masyarakatnya. Sebanyak 271 kota/kabupaten Peduli HAM, dan 70 kota/kabupaten cukup Peduli HAM. Utk tahun 2018 ini Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo telah menerima penghargaan Kabupaten peduli HAM.

 

2.peng2

 

Kakanwil Kemenkumham Gorontalo Agus Subandriyo, menyampaikan rasa bangganya terutama kepada seluruh UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo yang mendapatkan penghargaan pada acara tersebut. "Saya ucapkan selamat kepada 2 (dua) UPT di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo yang mendapatkan penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM. Semoga ini bisa jadi motivasi kita sebagai pelayan publik, untuk terus mengedepankan pemenuhan hak-hak kepada setiap warga negara dan masyarakat," pesannya. Adapun 2 UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo yang mendapatkan penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM yaitu Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo. (Humas Kemenkumham Gorontalo)

3.peng3


Cetak   E-mail