Ragam Semangat Dalam Lomba Baca Naskah Proklamasi

Lomba Baca Proklamasi 1

Gorontalo – Senin (14/8), Masih dalam rangkaian kegiatan dalam Semarak Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo melaksanakan Lomba Baca Naskah Proklamasi yang dipusatkan di Kantor Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Gorontalo. Lomba diikuti oleh perwakilan pegawai dari Kantor Wilayah dan masing-masing Unit Pelaksana Teknis Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo.

 

Semangat peserta terlihat jelas dari persiapan masing-masing sebelum acara dimulai. Ada yang tampil dengan dandanan ala Pejuang Kemerdekaan lengkap dengan golok dan ikat kepala merah putih, hingga yang tampil mirip Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Dan juga pekikan kata “Merdeka..” terus terdengar sepanjang lomba, baik diucapkan oleh Panitia maupun peserta. Seperti dijelaskan oleh Kepala Sub Bidang Pemajuan Hak Asasi Manusia, Rully Agus selaku Panitia dalam laporannya, “Pekikan kata Merdeka merupakan ekspresi semangat yang sejalan dengan tujuan Lomba Baca Naskah Proklamasi, yaitu untuk meningkatkan dan menggelorakan semangat perjuangan dan rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia”, jelasnya.

 

Demikian halnya Kepala Divisi Administrasi, Betni Humiras Purba, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah, menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara dengan penuh semangat dan suara yang lantang. Sebelum lomba dimulai, Kepala Bidang Hak Asasi Manusia, Sukarni Palia selaku Ketua Panitia memberikan contoh pembacaan Naskah Proklamasi. Sementara anggota panitia lain diantaranya Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Gorontalo, Guyub Sudarmanto, Kepala Sub Bidang Penyusunan Program, Mananga Biantong dan Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Ervina Rully Machmud menyiapkan instrumen lomba dengan baik.

 

Setelah lomba berlangsung dengan seru selama hampir dua jam, Dewan Juri yang terdiri dari Ketua Panitia, Kepala Divisi Administrasi, Kepala Bagian Umum, Ju Lotje Olga dan Kepala Rupbasan menilai dan mengumumkan pemenang lomba. Gelar juara  diraih oleh Roby Septian Latief yang tampil total dengan pakaian dan aksen yang mirip Presiden Soekarno ketika membacakan Naskah Proklamasi. (Humas Kanwil Gorontalo)

Lomba Baca Proklamasi 2Lomba Baca Proklamasi 2Lomba Baca Proklamasi 2

 


Cetak   E-mail