Kanwil Gorontalo Gelar Apel Siaga “Kami Kerja, PASTI Bersih Melayani” di Lapas Kelas II Gorontalo

61 Apel Siaga PAS 1

Gorontalo – Jum’at Pagi (31/3), Komitmen Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang Pemasyarakatan menjadi topik utama dalam Apel Siaga yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Provinsi. Di Gorontalo, Apel Siaga dipimpin oleh Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Djoko Setiono dan dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Bidang Pelanggaran HAM, HM Makmun, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo, Agus Subandriyo bersama para Kepala Divisi beserta perwakilan dari Unsur Forkompimda Provinsi Gorontalo.
Bertempat di Lapangan Upacara Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo, Apel Siaga diikuti oleh petugas dari seluruh UPT Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo. Dalam sambutannya, Direktur BISPA membacakan Amanat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly. “Sejalan dengan pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, jajaran Pemasyarakatan harus mau mengubah diri mulai detik ini, salah satunya melalui Apel Siaga dan Deklarasi Kami Kerja, PASTI Bersih Melayani yang bertujuan untuk mengajak dan mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran petugas pemasyarakatan untuk segera berbenah diri, meningkatkan integritas, serta menyatukan tekad yang bulat dalam melawan peredaran narkotika dan berbagai bentuk penyimpangan lainnya”. Istilah “bersih” disini pun mengandung makna tersendiri, yakni Bekerja dengan semangat PASTI, Elaborasi sumber daya untuk Indonesia mandiri, Realisasikan target kinerja tanpa narkoba dan pungli, Siap ditindak apabila terindikasi, Integritas menjadi standar kualitas diri, dan Hakikatnya siap mengabdi bagi kejayaan negeri.
Setelah Penandatanganan Komitmen Bersama Berantas Narkoba di Lapas oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Kepala BNNP Gorontalo dan Direktur Narkoba Polda Gorontalo, acara dilanjutkan dengan pengarahan di Aula Lapas Gorontalo. Dalam arahannya, Direktur BISPA menyampaikan pesan tentang pentingnya Integritas petugas Pemasyarakatan. “Kita semua adalah agen perubahan dan perlahan tapi PASTI bisa membawa Pemasyarakatan ke arah yang lebih baik, asalkan kita mau bertekad untuk mewujudkannya dengan kinerja yang nyata. Jangan pernah ragu, yakinlah bahwa kita punya Tuhan tempat kita bersandar dan mengadu”, lanjut Direktur BISPA. Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Menkumham, Makmun turut menyampaikan pesan agar insan pemasyarakatan di Gorontalo terus menerus melakukan introspeksi dan meningkatkan kualitas diri demi jayanya Pemasyarakatan di masa yang akan datang. (Humas Kanwil Gorontalo)

62 Apel Siaga PAS 262 Apel Siaga PAS 2

 


Cetak   E-mail