Makna Hari Kartini Bagi WBP Lembaga Pemasyarakatan Perempuan

Tepat hari ini, Jum’at 21 April 2017 merupakan hari penting bagi perempuan di tanah Air. Tanggal 21 April setiap tahunnya memang diperingati sebagai hari kartini oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi kaum wanita. Tampak berbagai macam cara dilakukan untuk merayakan Hari Kartini, seperti yang telah dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo yaitu lomba merias wajah, lomba Kreasi Jilbab dan Peragaan Busana Kebaya oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan. Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan dalam mengikuti kegiatan dengan antusias menambah kemeriahan peringatan Hari Kartini.

Acara yang meriah dalam kesedarhanaan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi Administrasi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo, serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo.

 “Kartini merupakan sosok perempuan Indonesia yang berusaha untuk bisa meningkatkan derajat perempuan agar bisa lebih baik dari segi pendidikan. Dampak dari perjuangannya tersebut hingga kini masih terasa. Beberapa hal berikut menjadikan makna hari Kartini begitu bermanfaat bagi seorang perempuan”.  Ucap Kepala Kantor Wilayah Agus Subandriyo dalam sambutannya

Selain itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo Nur Afiril Utami dalam sambutannya menambahkan “Seorang perempuan memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Itulah juga yang merupakan inti dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum perempuan dari kebodohan. Kini hal tersebut tampak nyata dari banyaknya perempuan yang telah mengenyam pendidikan yang tinggi dan akhirnya memiliki profesi yang sangat baik di bidangnya. Hal ini bahkan menjadi sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena memiliki perempuan hebat yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kesetaraan pendidikan juga berlaku mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan tak jarang seorang perempuan memiliki kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan dengan para pria. Sehingga banyak dari mereka yang memiliki prestasi terbaik di bidang akademik. Oleh karena itu jangan remehkan peran perempuan dalam kemajuan Indonesia”.  

“Dengan adanya semangat Kartini, kaum perempuan memiliki hak untuk melawan dari berbagai tindakan kekerasan seperti yang terjadi dalam rumah tangga. Hukum pun menjamin kebebasan perempuan tersebut sehingga bagi mereka yang berani menyakiti perempuan dapat dikenai pasal hukum yang berat. Hal ini sungguh jauh berbeda dengan jaman dulu dimana wanita lebih banyak ditindas dan diremehkan”. ungkap salah satu WBP Perempuan. (humas-kanwil).

kartini


Cetak   E-mail